Daya - Power

https://kereta-api.co.id
Daya rata-rata didefinisikan sebagai kecepatan dilakukannya usaha. Atau kecepatan perubahan energi. Artinya,
\[\textrm{Power}=\frac{\textrm{Work}}{\textrm{time}}=\frac{\textrm{perubahan energi}}{\textrm{waktu}}\]
Atau
\[\mathrm{P} = \frac{\mathrm{W}}{\mathrm{t}} = \frac{\Delta E}{t}\]
Daya seekor kuda menyatakan seberapa besar usaha yang bisa dilakukannya per satuan waktu. Penilaian daya sebuah mesin menyatakan seberapa besar energi kimia atau energi listrik yang bisa diubah menjadi energi mekanik per satuan waktu. Dalam satuan SI, daya diukur dalam joule per sekon, dan satuan ini diberi nama khusus, watt (W); 1 W = 1 J/s.
Kita paling terbiasa dengan satuan watt yang digunakan untuk mengukur kecepatan bola lampu atau pemanas untuk merubah energi listrik menjadi energi cahaya atau panas, tetapi satuan ini juga digunakan untuk perubahan energi lainnya. Pada sistem Inggris, satuan daya adalah kaki-pon per sekon (ft-lb/s). Untuk tujuan praktis, sering juga digunakan satuan yang lebih besar, Horse Power (†) (Daya Kuda). Satu HP didefinisikan sebagai 550 kaki-pon/s yang sama dengan 746 W.
(†) Satuan ini pertama dipilih oleh James Watt (1736 – 1819), yang memerlukan satu cara untuk menspesifikasi daya untuk mesin uap yang baru dikembangkannya. Ia menemukan berdasarkan percobaan bahwa seekor kuda yang baik dapat bekerja sepanjang hari dengan kecepatan rata-rata sekitar 360 kaki-pon/s. Sehingga agar tidak dituduh melebih-lebihkan dalam menjual mesin uapnya, ia mengalikan nilai ini dengan 1 ½ ketika mendefinisikan mesin uap, menghasilkan 1 HP = 746 W.
Adalah sangat penting untuk melihat perbedaan antara energi dan daya. Untuk membantu membuat perbedaan ini, perhatikan ilustrasi berikut. Seseorang dibatasi dalam usaha yang dapat dilakukan, tidak hanya oleh energi total yang dibutuhkan, tetapi juga dengan seberapa cepat energi ini diubah; yaitu, dengan daya. Sebagai contoh, seseorang mungkin bisa berjalan menempuh jarak yang jauh atau menaiki tangga bertingkat-tingkat sebelum harus berhenti karena banyaknya energi yang telah dikeluarkan. Di pihak lain, seseorang yang berlari dengan cepat menaiki tangga bisa jatuh kelelahan hanya setelah satu atau dua tingkat saja. Dalam hal ini ia dibatasi oleh daya, kecepatan tubuhnya dapat merubah energi kimia menjadi energi mekanik.

Terima kasih sudah ke sini untuk membaca dan belajar fisika. Jangan ragu untuk menyukai posting blog, berlangganan blog dan berkomentar untuk berinteraksi lebih dengan saya. Selamat membaca ya.

Welcome To Metode Fisika Blog. Thank you for coming here to read and study physics in this blog. Feel free to like, subscribe and comment. Have a nice reading.

Daya - Power